April 24, 2021 By bestofsweepstakes.com 0

Bagaimana Saya Harus Memilih Kelas yang Sesuai untuk Pendaftaran Merek Dagang?

Merek Dagang adalah identitas unik dari suatu produk / layanan / bisnis, yang diekspresikan melalui representasi grafis, teks, kombinasi warna, suara, bau, rasa, atau bahkan nama yang memberikan definisi lengkap tentang suatu merek. Mengembangkan tanda identitas untuk menjadi merek dagang adalah proses kreatif yang membutuhkan banyak penelitian dan curah pendapat.

Ambil contoh FedEx, sebuah perusahaan logistik internasional yang terkenal. Logonya pada awalnya tampak seperti permainan tipografi sederhana. Ketika diperiksa dengan cermat, ini menunjukkan panah tersembunyi antara indentasi bawah E dan huruf ‘x’. Tanda panah mewakili pengiriman yang cepat dan cepat oleh perusahaan serta pergerakan maju.

Cara ekspresi logo yang unik ini adalah merek dagang terdaftar dari FedEx dan karenanya tidak dapat ditiru atau dibuat ulang oleh perusahaan lain mana pun.

Setelah identitas / merek unik diputuskan untuk mewakili usaha Anda, masuk akal untuk melindunginya dari penggunaan yang tidak diminta. Perlindungan terbaik untuk identitas merek Anda ditawarkan dengan mendaftarkan merek dagang secara legal.

Langkah pertama dalam mendaftarkan Merek Dagang adalah memilih kelas yang sesuai di mana merek produk atau bisnis yang dipilih perlu diterapkan untuk pendaftaran.

Pemilihan kelas yang tepat untuk merek dagang seringkali dapat menjadi urusan yang membingungkan dan membutuhkan keahlian teknis dari seorang profesional hukum. Panduan profesional membantu Anda menentukan kisaran perlindungan yang ditawarkan di bawah kelas tertentu atau kebutuhan pendaftaran merek di bawah beberapa kelas.

Pencarian merek dagang adalah langkah pertama menuju pendaftaran merek dagang. Hanya pada ketersediaan merek dagang yang diwajibkan di bawah kelas yang berlaku dapat dilanjutkan untuk proses aplikasi.

Pemerintah India telah mengklasifikasikan semua barang dan jasa di bawah 45 kategori yang disebut sebagai kelas dalam terminologi umum. Setiap kelas mengkategorikan barang atau jasa tertentu di mana merek dagang perlu dicari untuk produk tertentu.

Katakanlah misalnya, Kelas 12 dikategorikan untuk kendaraan. Oleh karena itu, perusahaan yang meluncurkan mobil atau truk baru harus mencari nama merek dagang di bawah kelas 12. Jika merek dagang yang disyaratkan tersedia untuk pendaftaran atau dengan kata lain jika merek dagang tersebut tidak terdaftar dalam kepemilikan orang lain di bawah kelas tertentu tersebut, dapat mengajukan pendaftaran. Definisi berbagai kelas tersedia di ipindiaonline.gov.in/tmrpublicsearch/frmmain.aspx dan berbagai situs database kelas lainnya.

Saat memilih kelas yang sesuai, seseorang hendaknya mengingat hal-hal berikut:

  • Kelas apa yang akan memberi Anda perlindungan maksimal?

Misalnya jika Anda berurusan dengan pakaian bayi, sebaiknya Anda mencari ketersediaan merek dagang di bawah kelas 25 yang memberi Anda perlindungan yang lebih luas untuk pakaian, alas kaki, dan tutup kepala. Ini karena Anda mungkin ingin memperluas lini produk di masa mendatang untuk memasukkan pakaian dewasa dalam rencana perluasan bisnis Anda.

  • Apa yang paling mewakili produk Anda?

Jika Anda berada dalam bisnis manufaktur bir, Anda mungkin menemukan kelas 33 sebagai pilihan yang jelas untuk pendaftaran merek dagang produk Anda. Sebaliknya bir dipukul di bawah kelas 32 karena dianggap sebagai minuman non-alkohol.

  • Apakah saya memerlukan satu kelas atau haruskah saya mendaftar untuk beberapa kelas?

Jika bisnis Anda mencakup berbagai jenis disiplin ilmu, Anda perlu mendaftarkan merek dagang dalam beberapa kelas. Perusahaan raksasa seperti Reliance group telah mendaftarkan logonya di bawah berbagai kelas yang menentukan intervensi bisnis mereka yang bervariasi seperti di Petrokimia, Telecom, Ritel, dan digital.

Demikian pula Flipkart, meskipun satu perusahaan terdaftar di bawah empat kelas yang berbeda karena beragam produk atau layanan yang terlibat. Merek dagang dalam beberapa kelas memberikan perlindungan kepada pemilik hingga cakupan yang lebih luas.