July 19, 2021 By bestofsweepstakes.com 0

Review Ferrari SF90 Assetto Fiorano 2021

Ketika hypercar hybrid Ferrari SF90 Stradale seharga $850K tidak cukup cepat

Ferrari SF90 Assetto Fiorano sama seperti SF90 Stradale, tetapi diperketat untuk penggunaan di lintasan. Beberapa perubahan memberikan hypercar hybrid plug-in hybrid yang sangat tenang dari merek kuda jingkrak itu lebih mendesak, lebih menggigit ban dan lebih menyenangkan dalam semangatnya. Tetapi tiga motor listrik yang sama bergabung dengan simfoni brutal yang sama dari V8 twin-turbo untuk menghasilkan kecepatan dan cengkeraman yang luar biasa. Ini adalah pengembaraan mendesing, peledakan, kemarahan organ-squashing mata-popping. Tapi hampir satu juta dolar adalah banyak uang.

Mahal tapi eksotis

The Ferrari SF90 Stradale adalah banyak uang – bahkan untuk Ferrari – di $ 846.888 ditambah di jalan biaya , tetapi SF90 Assetto Fiorano biaya lain $ 111.306, US $ 958.194 ditambah ORC

Di sisi lain, ini membawa banyak dorongan dan banyak teknologi, meskipun tidak ada perubahan pada output (daya 574kW dan torsi 800Nm) dari powertrain V8 PHEV tiga motor yang membingungkan di SF90 Stradale ‘standar’ coupe dan SF90 Spider convertible.

Ferrari SF90 Assetto Fiorano diam-diam mulai mengalir ke pembeli Australia pada bulan April, tetapi karena COVID tidak ada waktu untuk meluncurkannya ke publik atau ke jurnalis.

Namun, Ferrari melaporkan peningkatan 40 persen dari paket Assetto Fiorano yang lebih cepat, yang membawa beberapa perbedaan signifikan dan semuanya ditujukan pada kecepatan atau stabilitas.

Faktor paling sederhana adalah perpindahan ke karet Michelin Pilot SportCup2 R yang lebih grippier dan progresif, dengan ban 315/30 ZR20 di belakang dan 255/35 ZR20 di depan.

Selain itu, Assetto Fiorano membuang peredam yang dipengaruhi secara magnetis untuk satu set unit harga tetap dan mengganti pegas dengan versi titanium yang lebih ringan. Ini juga mendapatkan spoiler belakang aktif yang dijentikkan yang sangat mirip dengan penutup Gurney saat istirahat.

Sebagai standar, ada motor listrik yang diapit di antara V8 SF90 dan transaxle belakang dual-clutch delapan kecepatan, dan dua lainnya di front-end, ditambah baterai lithium-ion di belakang sekat kabin, untuk lebih lengkapnya seputar mobil dan otomotif di info mobil terkini.

Hal-hal interior tampaknya hampir merupakan kelalaian, mengingat kompleksitas powertrain yang keterlaluan, tetapi ada kluster instrumen digital 16 inci berwarna melengkung, lengkap dengan beberapa opsi tampilan dan kontrol gaya sentuh di roda kemudi.

Teknologi kecepatan, bukan teknologi ramah lingkungan

Teknologi yang terlibat dalam Ferrari SF90 Assetto Fiorano terasa seperti menggoda pembatas tanpa menyentuhnya, karena hypercar menari dengan mudah dan riang pada atau di luar batas cengkeramannya sehingga selalu terlihat HARUS terjadi tabrakan. Tapi tidak ada.

Ada motor listrik 99kW untuk setiap roda depan dan mereka menghasilkan torsi ke jalan baik untuk kecepatan maupun untuk vektor torsi. Mereka memberikan jumlah torsi yang tepat yang dibutuhkan untuk menjaga mobil tetap pada jalur yang dipilih pengemudi, dan bahkan dapat memutar satu roda ke belakang sementara yang lain maju.

Dua e-motor depan Marelli memiliki pekerjaan lain juga. Mereka membentuk ‘gigi’ mundur khusus untuk hypercar (menghemat sekitar 3kg dengan cara itu), serta generator pemulihan energi khusus, dan mereka menggerakkan mobil dalam mode EV-nya hingga 135km/jam, menjadikan SF90 Assetto Fiorano adalah Ferrari penggerak depan.

Sebuah fluks aksial, motor listrik Yasa hanya menempati ruang 72mm di belakang V8, tetapi menambahkan torsi penuh 266Nm dan daya 162kW.

Ketiga motor menyedot dari baterai 7,9kWh, 180kW yang penuh dengan sel SK Innovation dan beratnya hanya 72kg.

Mereka hanya dapat mengisi daya pada daya arus bolak-balik (AC), bukan sistem arus searah (DC) yang lebih cepat, sehingga SF90 membutuhkan waktu dua jam untuk mengisi daya karena hanya menelan energi pada 7.2kW. Ferrari mengatakan itu karena ingin menjaga ukuran dan berat charger on-board seminimal mungkin.

Semua daya dari empat sumber itu menambahkan hingga 1000hp tetapi daya listrik dan puncak torsi dibatasi oleh berapa banyak energi yang dapat dikeluarkan baterai pada saat tertentu, jadi itu 162kW.

Ketiga e-motor berbagi elektronika daya dan inverter juga, dan seluruh sistem hybrid menambah 270kg.

Kekuatan teknis

Mesin V8 yang menakjubkan di Ferrari SF90 Assetto Fiorano tidak berubah dari Stradale, dan juga menyumbangkan desain ruang bakarnya ke 296 GTB yang baru diluncurkan.

F154 twin-turbo V8 adalah 80 persen baru dibandingkan dengan F8 Tributo V8, dengan beralih ke injektor bahan bakar yang terletak di pusat yang memberikan beberapa injeksi per langkah pembakaran, tetapi hanya satu percikan.

Bahkan dengan sendirinya, V8 menyemburkan torsi 800Nm ke dalam transmisi delapan kecepatan pada 6000rpm, dan tenaga 574kW pada 7500rpm, meskipun pada putaran 8000rpm.

Sasis SF90 adalah pengembangan kustom dari F8 Tributo yang sekarang memiliki sekat serat karbon (seperti mobil tertentu dari Sant’Agata) dan jarak sumbu roda 2650mm yang lebih panjang.

Hasilnya membuat Ferrari membual bahwa SF90 memiliki kekakuan lentur 20 persen lebih baik dan kekakuan torsi 40 persen lebih banyak daripada Tributo, tanpa biaya bobot.

Tapi itu berbobot. Meskipun Assetto Fiorano turun sekitar 40kg dari Stradale, beratnya masih sekitar 1570kg.

Ada juga banyak mode untuk powertrain hybrid (yang menawarkan jangkauan EV hingga 25km) dan sistem suspensi dan kontrol selip. Tombol-tombol yang dipasang di roda kemudi dapat membolak-balik mode basah, olahraga, trek, dan kualifikasi untuk powertrain, sementara manettino menjalankan rentang dari kecepatan lembut hingga menakutkan.

Mengemudi dan (sebagian) kenyamanan

Ini tentang kecepatan, dan bagaimana memanfaatkannya, dan Ferrari SF90 Assetto Fiorano melakukannya bahkan lebih baik daripada saudara-saudaranya di jalanan.

Itu mencengangkan di trek uji Fiorano (di mana kami menguji Stradale juga) dan kecepatan garis lurusnya hanyalah salah satu alasannya.

Ada banyak hal, dengan penanda 100km/jam menghilang dalam 2,5 detik asli dan penghalang 200km/jam dikirim hanya 4,2 detik kemudian. Ya, 4,2 detik dari 100 hingga 200km/jam.

Kecepatan tertinggi jauh melampaui 350km/jam, tetapi pada saat itu intinya sudah agak hilang. Kami dengan mudah naik ke bagian atas gigi keenam di Fiorano dan Fiorano adalah trek yang cukup pendek.

Raungan V8 nyaring dan kasar, dan berpadu dengan urgensi listrik yang tidak pernah bisa Anda identifikasi. Angka mentah tidak dapat mempersiapkan Anda untuk selera SF90 Assetto Fiorano yang tak terpuaskan untuk perubahan gigi dan tuntutan selanjutnya untuk pengereman yang berat.

Ia sangat membenci lintasan lurus sehingga ingin keluar dari lintasan dan kembali ke tikungan secepat mungkin, namun ia juga tidak menghabiskan banyak waktu menikmati tikungan.

Perbedaan kecepatan putaran di Fiorano hanya sekitar 0,5 detik dengan Stradale, tapi sensasinya benar-benar berbeda.

Dengan sepatu dansa yang disempurnakan, sangat tenang untuk meluncur dari kedua ujungnya dan juga kehilangan perasaan ujung depan yang didominasi oleh vektor torsi listrik. Sekarang Anda hanya merasakan satu mobil yang koheren untuk mencari kecepatan konstan.

Dibutuhkan banyak chutzpah untuk menganggap Ferrari SF90 Stradale tidak cukup cepat, tetapi Ferrari memiliki sejarah panjang dalam menyediakan versi trek bahkan supercar terindahnya.

Sulit untuk mengatakan jika kalah dalam kualitas kendara karena kami hanya mengendarai Assetto Fiorano di sirkuit, tetapi tumpangan mewah bukanlah intinya di sini.

Apa yang diberikannya alih-alih lebih banyak kecepatan adalah kecepatan yang lebih mudah diatur, dan semangat ringan yang tidak dapat ditiru oleh SF90 Stradale yang sangat serius.

Itu menari melalui tikungan di mana Stradale terasa seperti menghukum Anda karena meluncur. Itu melayang dengan lembut di throttle, di mana Stradale ingin Anda berhenti menjadi anak nakal.

Ferrari SF90 Assetto Fiorano menghilangkan rasa takut yang mungkin Anda miliki untuk mengendarai hypercar dengan 1.000 tenaga kuda dengan membuat Anda tersenyum. Ini jenius yang menyenangkan, tapi jenius dengan harga tertentu.

Berapa harga Ferrari SF90 Assetto Fiorano 2021?
Harga: $958.194 ditambah biaya on-road
Tersedia: Sekarang
Mesin: 4.0 liter V8 turbo-bensin
Output: 574kW/800Nm
Transmisi: otomatis kopling ganda delapan kecepatan
Motor listrik belakang: 162kW
Motor listrik depan: 2 x 99kW
Bahan Bakar: TBC
CO2 : TBC
Peringkat Keamanan: TBC